UGM PERINGKAT 64 ASIA, TERATAS DI INDONESIA

UGM kembali menjadi universitas yang terbaik di Indonesia. Setelah sukses menduduki peringkat 74 Perguruan Tinggi Asia dan teratas di Indonesia tahun 2008, maka rating webometrics untuk web milik UGM http://ugm.ac.id di tahun 2009 naik ke posisi 64 dalam daftar peringkat 100 besar Perguruan Tinggi unggulan Asia yang diumumkan bulan januari ini. Dalam daftar tersebut, hanya ada 2 perguruan tinggi Indonesia yang masuk, yakni UGM pada peringkat 64 dan ITB pada peringkat 71.

UGM Peringkat 64 Asia dan Teratas di Indonesia

Sementara dalam daftar peringkat 5000 perguruan tinggi unggulan dunia, sedikitnya 33 perguruan tinggi dari Indonesia masuk dalam daftar tersebut. Adapun, UGM menempati posisi 623 dunia, ITB 676 dan UI 906. Diikuti Universitas Gunadarma 1604, ITS 1762, STT Telkom 1960, dan Univ Petra 2013 dunia.

Menanggapi perbaikan peringkat yang diraih UGM ini, Kepala Pusat Pelayanan Teknologi Informasi Komunikasi UGM, Drs Bambang Prastowo Msc mengatakan, naiknya peringkat UGM ini karena semakin banyaknya komunitas UGM yang memanfaatkan domain ugm.ac.id tidak hanya mendownload informasi tapi juga mempublikasikan karyanya.

“Jadi dalam enam bulan terakhir semakin banyak warga UGM yang mempublikasikan karyanya lewat content ugm.ac.id,” kata Bambang Pras, Kamis (29/1) di Kampus UGM, Bulaksumur.

Menurut Bambang, Webometrics dalam memeringkat Perguruan Tinggi atas dasar keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain web masing-masing Perguruan Tinggi. Untuk mengukur keunggulan tersebut, tambahnya, webometrics menggunakan 4 indikator, Size (S), yakni jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain web PT, Visibility (V) atau jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain PT yang dinilai, Rich Files (RF) yakni relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi PT tersebut, dan Scholar (Sc), yakni jumlah publikasi dan situs bermutu pada domain PT.

“Data yang dikumpulkan dengan empat indikator tersebut diolah dan digunakan untuk memeringkat lebih kurang 4000 PT dari seluruh dunia. Daftar peringkat PT dikeluarkan 2 kali setiap tahun, yakni bulan Januari dan Juli,” jelas Bambang Pras.

dicopy paste dari : http://www.ugm.ac.id/index.php?page=rilis&artikel=1751

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: