TIPS MEMULAI PENELITIAN

temendh2 smoa,. jadielah Mahasiswa, bukan sekedar anak kuliah,. ( iNterpretasikaN Ndiri saJJa ^_^)

Banyak Mahasiswa baru bahkan Mahasiswa Tahun ke2 dan Ke3 yaNg masiH bingung untuk menemukan ide penelitian,.. baeg ntu penelitian buat seminar, kerja praktek, ataupun karya ilmiah seperti PKM dan program sejenis,.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk Tahun 2009 telah mulai dibuka, batas akhir pengumpulan proposal untuk UGM adalah tanggal 29 September 2008 yang berarti tinggal 26 hari lagi (info selengkapnya),. Universitas Gadjah mada juga tidak mau ketinggalan dengan membuka Grant Karya Inovasi Mahasiswa Untuk Tahun 2008 dibawah naungan PPKB UGM yang akan ditutup tanggal 18 September 2008 (info selengkapnya).

Ayo temendh2 gabung dan ikutan acara tersebut,.. Beberapa hal yang perlu temendh2 ketahui agar timbul motivasi untuk meneliti

  1. Berprestasi : jelas
  2. Menambah ilmu : jelas
  3. Share ide : jelas
  4. silaturahim dengan Mahasiswa Univ. Laen : bagi yang suka nambah temendh
  5. Materi : sebagai informasi, lomba penelitian terakhir yang quw ikuti memberikan uang tunai Rp. 18 Juta dan Asuransi Pendidikan Senilai Rp. 44 Juta, PKM tahun 2008 quw dapet dana hibah penelitian 5 proposal PKM senilai Rp. 27, 8 juta (untuk riset Lhoh,.!!!). temendh quw meneliti nata d cassava dan ikut lomba menang Rp. 35 juta,. SEMOGA temendh2 smoa jadi tertarik untuk meneliti ^_^
  6. Dorongan bagi temendh2 yang laen : contohnya akoe skg neh lagi memberi dorongan boeat tmendh2 smoa,. baeg kan??? huhuhu

berikut ada beberapa TIps yang bisa temendh2 gunakan untuk memunculkan ide N mengikuti Lomba2 tersebut

  1. membaca : Buku adalah jendela dunia, ngga cuman buku sich,. temendh2 bisa baca koran, cari informasi di internet dll.
  2. sering maen ke “lapangan” : bukan maen bola lhoh ya,. huhu,.. contohnya temendh2 maen ke petani, trus lihatlah fenomena yang terjadi di sawahnya n tanya2 ke petani, masalah apa yang dihadapi, biasanya penelitian yang inovatif sejalan dengan pemecahan masalah. kan ntar bisa muncul ide,.. misal tanamannya sering kena penyakit jamur, selama ini petani menggunakan fungisida, nah temendh2 harus tau klo penggunaan fungisida yang lebay dapat membunuh organisme non-target seperti mikobion pada mikroriza (simbiosis mutualistik antara akar tanaman dengan jamur tanah), taunya darimana?????? ingat point 1. membaca!!!!!!!!!!!!!!!! nah udah dapet masalah kan??? solusinya gimana??? gunakan varietas tahan,. caranya gimana?? cari donkz,. terus susunlah kerangka riset yang baeg,. tentukan metode,. jangan Lupa konsultasi dengan dosen pembimbing
  3. lihatlah dengan cara pandang yang berbeda dan jangan takut untuk mencoba
  4. Bentuklah tim yang baeg : sebaegnya interdisipliner,. ingat

    No one Know Everything, But Everyone Know Something

    Intinya tidak mungkin satu orang ntu tau segalanya, tapi tiap orang pasti tau sesuatu,. nah diutamakan interdispliner agar ilmu yang dikuasai masing2 dapat digunakan untuk memecahkan masalah. contohnya pembuatan nata d cassava yang diangkat oleh temenku nag bio 04, Tim Peneliti terdiri dari Biologi (untuk masalah hidrolisa. pemilihan mikrobia, fermentasi, dll), Teknologi Pangan (menangani pengemasan, waktu kadaluarsa, dll) dan ekonomi (analisis keuangan, bisnis plan, dll) dengan begitu ilmu yang dikuasai di masing2 bidang dapat terintegrasi dengan baeg

  5. share ide dan konsultasi : misalnya bergabung dengan mailis pimnasugm2007@yahoogroups.com temendh2 disono insyaALLah akan menjawab ptanyaan2 n memberikan tips2 yang berguna
  6. untuk pemula silahkan Gunakan Metode ATM (Andi Trouble Maker,. Huhu NarcIez,.. nyang bener Amati, Tiru, Modifikasi) : Metode tersebut dirasa paling gampang untuk memunculkan ide. contohnya Nata d cassava tadi. Latar belakangnya industri nata cukup menjajikan, temenku maen langsung ke pabriknya (Point 2 –> maen k lapangan ^_^), disono pemilik usaha tersebut punya masalah dalam penyediaan air kelapa untuk industri Nata d Coco,. nah sebagai mahasiswa berpikir kritis dunkz,. temenku tau kalo dalam pembuatan nata sebenernya yang dibutuhkan bukan air kelapanya tapi glukosa (tau dari mana???? point 1 –> membaca ^_^),. berangkat dari situ temenku mencoba menghidrolisa singkong (amilum –> glukosa). singkong merupakan komoditas k2 tanaman pangan Indonesia, kemelimpahan bahan baku, dan produksinya tinggi (point 1). Nah disini ditemukan Metode ATM dimana temendhku mengAmati, Kemudian Meniru Proses Pembuatan Nata dengan latar belakang kebutuhan nata, tapi meModifikasi Air Kelapa dengan Singkong.
  7. Berdoa : akoe rasa tmendh2 jauh lebih tau esensi dari doa,. ^_^

Temendh2 harus Percaya Diri, Belajar ntu Penting, Namun Percaya diri Juga Penting,. Anggaplah seperti ini : Profesor2, para Peneliti yang sukses,. dll dulunya juga mahasiswa seperti kita,. jika beliau2 bisa,. mengapa kita tidak??? kita juga harus bisa

anggaplah smoa mahasiswa berprestasi dari seluruh Universitas di Indonesia,. dulunya juga Mahasiswa Baru seperti temendh2 Maba sekarang,.. Jika Kami Bisa,.. Mengapa kalian tidak????

Kalian Pasti Bisa,..

Siapa Lagi yang akan Mengharumkan Almamater jika Bukan Kita,..

Semangadh,. ^_^

Advertisements

2 Comments to “TIPS MEMULAI PENELITIAN”

  1. Salam kembali,,,,,,,,,,
    Wah, isi blognya keren!!!!!!!!!
    Mudah”an temen” DNA liat juga dan terinspirasi, amien….
    Blog tm86 kami link ya?!
    Tengkyu…

    DNA-2 ’06 Fabio Unsoed

  2. Wellowww…mas andi “the troble maker”
    salam kenal yak.
    saya jadi terpacu buat ikutan kompetisi karya tulis taua semacamnya. kalo boleh tanya, mahasiswa yang ideal dari segi pemanfaatan kuliahnya tu yang gimana cih menurut MAs?? mongomong tentang aktivitas kampus dan kegiatan sampingan, da tips ga biar tetep bisa atur waktu antara belajar, praktikum, laporan, tugas terstruktur, ngaasisteni, dan organisasi? aku mumet bged setelah ngalamin tu di semster 5 ni.
    otak kayaknya mu pecah nih…
    Hu..hu…
    btw, mas kunjungi blog q ya . boleh yang nie, atau biofillimuslim.wordpress.com

    bnyk bgt ya….

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: